MENGEJAR KEBAHAGIAN, BISAKAH KITA MENGEJAR KEBAHAGIAN!?


BISAKAH BAHAGIA DI KEJAR!!!

Sesungguhnya, kalau kita mau melihat kenyataan, timbul sebuah pertanyaan. Dapatkah kebahagiaan dikejar dan dicari? Sebelum menjawab ini, sebaiknya diselidiki lebih dahulu apakah sesungguhnya yang dimaksudkan dengan BAHAGIA itu?

Apakah kebabagiaan itu kepuasan hati karena tercapainya sesuatu yang diinginkan? Kalau begini, bahagia itu terbatas sekali dan hanya berumur beberapa lama saja karena kepuasan ini pun hanya sementara, dan segera berobah dengan kebosan-an.

Apakah bahagia itu kesenangan? Juga tidak, karena kesenangan hanyalah pemuasan nafsu belaka, rasa nyaman dan enak bagi badan kita dan pikiran, dan kesenangan inipun hanya sementara saja, amat pendek umurnya, dan kesenangan biasanya diseling kebosanan dan bahkan mempunyai saudara kembar, yaitu kesusahan, seperti tawa dan tangis yang datang silih berganti seperti datangnya musim. Kalau semua itu bukan, lalu apakah yang dimaksudkan dengan kebahagiaan?


Bagaimana kita dapat menggambarkan kebahagiaan kalau kita sendiri selalu berada dalam permainan susah dan senang, kalau kita selalu diombang-ambingkan gelombang NAFSU/KEINGINAN? Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang mati, bukan sesuatu yang sudah pasti sehingga mudah dicari dan dicapai. Kalau kita menghentikan segala kesibukan pikiran kita yang mengejar-ngejar kesenangan, mengejar-ngejar kebahagiaan itu sendiri, kalau kita sudah tidak terseret lagi ke dalam tarikan-tarikan susah dan senang yang bertentangan, kalau sudah tidak ada lagi konflik atau pertentangan dalam batin antara kenyataan yang ada dan gambaran yang kita ingin-kan, kalau KITA SUDAH TIDAK MENGE-JAR APA-APA, tidak menginginkan apa-apa yang berada di luar jangkauan kita, nah, mungkin sekali kita akan dapat merasakan dan mengerti apa artinya bahagia itu.

Jelaslah bahwa yang dapat dikejar dan dicari hanyalah kesenangan dan kepuasan sementara dari dorongan keinginan kita untuk mendapatkan kesenangan itu. Dengan demikian, kebahagiaan itu tidak mungkin dapat dicari, tidak mungkin bisa didapatkan melalui pengejaran.

Kita selalu condong untuk mengejar. Karena mengira bahwa kebahagiaan berada di luar diri, kita mengejar keluar, kita merobah-robah yang berada di luar. Maka terjadilah pergolakan-pergolakan, terjadilah revolusi-revolusi, terjadilah pe-rang. Kita selalu condong untuk membuat keindahan di luar diri. Kita lupa bahwa sesungguhnya, yang indah itu berada di dalam, yang indah itu timbul dari dalam, dan bahagia itu adalah urusan batin, urusan di dalam diri kita sendiri. Tinggal di dalam sebuah gedung memang senang akan tetapi belum tentu bahagia, sebaliknya tinggal di dalam gubuk mungkin saja merasakan kebahagiaan. Kebahagiaan tidak berada di dalam gedung indah, tidak berada dalam makanan lezat, tidak berada dalam kedudukan tinggi atau di antara tumpukan emas.



“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan disisi Allah ada tempat kembali yang baik ( sorga ).” (QS Ali-Imran[3] : 14)

Kalau batin sudah tidak mengejar-ngejar, tidak mencari-cari apa yang berada di luar jangkauan kita, maka batin itu akan menjadi tenteram dan kita dapat menerima segala sesuatu sebagai hal yang wajar, tanpa mengeluh sedikitpun juga, bahkan dengan senyum tulus ikhlas karena kewaspadaan membuat kita mengerti bahwa segala itu merupakan suatu kenyataan dan kenyataan itu mengandung ke-indahan. Segala sesuatu di dunia ini me-ngandung keindahan bagi batin yang tidak mencari apa-apa. Baik hujan, maupun panas, dihadapi dengan senyum dan dipandang sebagai suatu keindahan, tanpa keluhan karena tidak ada yang perlu dikeluhkan, karena tidak ada penyesalan dalam batin, karena tidak ada hal-hal yang bertentangan dengan yang dicari, karena memang tidak ada yang dicari-cari! Dalam keadaan inilah kita mungkin sekali akan merasakan dan mengerti apa sesungguhnya hakekat kebahagiaan itu.

Tidak mencari kesenangan ini sama sekali bukan berarti bahwa kita menolak kesenangan! Orang-orang yang menolak kesenangan, mengasingkan diri di puncak bukit, mengharamkan segala hal yang mendatangkan rasa enak dan nikmat, sesungguhnya adalah orang-orang yang MENCARI KESENANGAN, dalam bentuk lain!

Memang, dalam mencari kesenangan, orang seringkali lupa diri, dan bahkan mau bersusah payah menyiksa diri, dalam mengejar kesenangan yang dinamakan cita-cita. Dan andaikata yang dikejar dengan cara menyiksa diri itu tercapai, maka yang didapatkannya itupun hanyalah suatu bentuk kepuasan, suatu bentuk kesenangan perasaan belaka yang ekornya dapat berupa kekecewaan dan kebosanan pula. Perasaan enak, nyaman, nikmat yang dinamakan kesenangan adalah suatu anugerah hidup. Tubuh dan perasaan kita dibekali alat-alat penangkap rasa senang ini, dan kita berhak menikmati kesenangan dalam hidup ini. Kesenangan adalah berkah dan sama sekali tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah PENGEJARAN itulah, PENCARIAN itulah, karena dalam mengejar inilah timbulnya segala macam perbuatan yang merugikan orang lain, yang pada umumnya disebut jahat. Pengejaran kesenangan yang berbentuk kedudukan dan kemuliaan, seperti yang terjadi pada seorang Penguasa, menimbulkan perang dan permusuhan, bunuh-bunuhan antara manusia. Pengejaran kesenangan dalam bentuk harta benda menimbulkan perbuatan-perbuatan curang, korupsi, penipuan, perampokan, pencurian dan sebagainya. Pengejaran terhadap kesenangan dalam bentuk nafsu berahi menimbulkan perkosaan, pclacuran, dan sebagainya dan segala macam perbuatan yang pada umumnya merugikan dan dianggap jahat, kalau ditelusur, sudah pasti dasarnya adalah pengejaran kesenangan itu.

 “Ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan diantara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanya kesenangan yang menipu.” (QS Al-Hadid[57] : 20)

Akan tetapi, orang yang tidak menge-jar kesenangan, menganggap segala hal yang terjadi merupakan suatu kewajaran dan di dalam kewajaran ini, di mana ti-dak terdapat keluhan, tidak terdapat kekecewaan karena tidak ada pengejaran, terkandunglah kesenangan yang lain lagi! Kenikmatan karena memang cita rasa menganggapnya enak, bukan kenikmatan karena tercapainya suatu pengejaran. Bagi orang yang tidak mengejar, memper-oleh minuman apapun akan terasa nikmat, baik itu berupa air jernih belaka maupun minuman yang mahal harganya. Kenik-matan terdapat pula di dalam nasi sam-bal maupun dalam nasi beserta masakan yang mahal bagi mereka yang tidak me-ngejar.

Bukan berarti pula bahwa orang yang tidak mengejar kesenangan lalu menjadi lumpuh semangat dan duduk menganggur! Sama sekali tidak demikian! Akan tetapi, orang bahagia seperti ini, kalau bekerja, bukan bermaksud mengejar uang, melainkan melakukan suatu pekerjaan yang ber-manfaat dan yang sesuai dengan minat-nya sehingga di dalam pekerjaan itu sen-diri dia sudah mengecap kenikmatan! U-ang sebagai upah atau hasil pekerjaannya hanya merupakan akibat saja dalam du-nia yang kesemuanya sudah diukur de-ngan uang ini. Akan tetapi uang bukan menjadi tujuan utama untuk dikejar me-timbul hal-hal yang buruk dan curang, pekerjaan itu mungkin menjadi kotor, pegawai berkorupsi, pedagang me-nipu dan memalsu, manipulasi, penyelun-dupan, dan sebagainya lagi keburukan yang terdapat dalam pekerjaan dan perdagang-an.

 “Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS Al-Ankabut[29] : 64)

Sejak ribuan tahun yang lalu, para cerdik pandai, para cendekiawan, para budiman sudah berusaha mati-matian untuk mencari cara yang baik agar manusia dapat hidup benar dan besar. Berbagai macam cara hidup telah diciptakan ma-nusia dengan berbagai paham (isme), ber-bagai garis hidup telah dipaksakan kepada manusia. Akan tetapi, kalau kita sekarang menengok keadaan di seluruh dunia, semua cara itu ternyata tidak menolong, tidak dapat membebaskan manusia daripada kesengsaraan, daripada kemurkaan, ketamakan, ketakutan, kebencian dan permusuhan. Ternyata segala macam kedudukan tinggi, kehidupan mewah, ilmu pengetahuan yang tinggi-tinggi, tidak mampu memperbaiki kehidupan batin manusia, tidak mampu mengusir kesengsaraan manusia, tidak mampu mendatangkan KEBAHAGIAAN dalam batin manusia. Tidak ada paham (isme) apapun, tidak ada cara apapun, yang akan dapat merobah batin manusia kecuali dirinya sendiri. Dan perubahan itu baru bisa terjadi kalau kita mau mengenal diri sendiri, mengamati diri sendiri dan lika-liku kehidupan kita setiap hari dengan penuh perhatian, penuh kewaspadaan. Pengamatan yang mendalam setiap saat akan membuka mata kita bahwa kita sendirilah sumber segala derita, kita sendirilah pencipta kesengsaraan, kita sendiri yang menjauhkan diri dari kebahagiaan, menjauhkan diri dari Tuhan! Tuhan dengan segala berkahNya berlimpahan tidak pernah sedetikpun menjauhi kita. Adalah kita yang setiap saat, demi pengejaran kesenangan, menjauhi Tuhan dan setelah akibat pengejaran itu menjerumuskan kita ke dalam lembah kesengsaraan, kita berteriak-teriak mengeluh kenapa Tuhan meninggalkan kita!

Dan sabda beliau kepada Ibnu Umar, “Hiduplah kamu di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang melewati sebuah jalan. “ (HR Bukhari)

Orang bahagia akan selalu menerima segala hal yang terjadi sebagai suatu kenyataan hidup tanpa menilai hal itu sebagai baik atau buruk. Tidak mengeluh, tidak menyalahkan siapapun, melainkan membuka mata dengan waspada akan alui pekerjaan. Kalau pekerjaan itu dila-kukan sebagai cara untuk mencari uang, maka akan gerak-gerik "setan" yang bercokol di dalam pikiran kita.

Dari Anas ra. bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Ya Allah tidak ada kehidupan kecuali kehidupan akhirat.” (HR Muttafaq `Alaih)
Dan juga dari Almustawrid bin Syidad Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah kehidupan dunia dibanding akhirat seperti seseorang memasukkan satu jarinya ke dalam samudra yang luas, maka lihatlah apa yang tersisa (setelah dia mengangkat jarinya itu).” (HR Muslim)

Semoga Kita menjadi Orang yang Bahagia.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

KALO UDAH BACA JANGAN LUPA KOMENT GAN!

Featured Post

LUCU, Reaksi Orang Baduy Saat Dikasih Piala Perlombaan Agustus

Suku Baduy adalah salah satu Suku Sunda yang berada di Daerah Banten tepatnya di daerah Lebak Banten. Suku ini sangat menjaga identitasnya...

Labels

17 Agustus 1945 ABG mesum ABG nakal Abu Bakar Ba'asyir Affiliasi Agama Kafir Ahmadiyah Ahmadiyah haram masuk mekah Ahmadiyah Kafir AIDS air lines Aisyah Akhlaq al amin Alien Alien Mendarat di Sleman Allah Maha Pemaaf Amanah amanah dan tanggung jawab american idol. idola cilik Amerika Terroris anak Ajaib anak nurdin halid aneh tapi nyata Anjing Paling Setia antek amerika antek yahudi apa itu benci apa itu pemimpin apa itu sabar apa itu tawakal apa itu valentine api abadi Apple Area 51 arti egois arti ibadah Artis Back Up Online Baduy Dalam Baduy Luar baghdad bahaya merokok bahtera bang syariah bangkai anjing bank konvensional Banten bapak teknologi telepon seluler barang langka Batboy Bawengan belajar youtube belakar ikhlas beli matahari berita berita aneh berita ciuman berita hangat berita internasional berita langka berita panas berita unik Berita Unik dan Aneh berita unik dan aneh Beruang biduk binatang jenius Binatang Pintar Bisnis Internet blues buang air besar Budaya Sunda bukan pengeluh bukan perkawinan Bulan madu Bung hatta Buya Hamka call of dutty cara berciuman Catatan Anne Ahira Catatan Dedi Misbah Catatan Kang Tedi Catatan Kembang Anggrek Catatan Ki Bambang cegah korban tsunami Cepat Kaya cerita lucu Cerita sedih cewek bugil cewek manstrubasi cewek seksi cewek selingkuh china cinta Allah cinta seimbang ciuman Club 27 Coba-coba Colin Edwards contoh crop circle crop circle Dada Melorot Daud Deddy Corbuzier Masuk Islam Deddy Corbuzier mualaf dokumen indonesia terbongkar dokumen penting bocor dokumen rahasia amerika dokumen rahasia indoneisa dokumen terbongkar Dolar gratis dongeng anak dongeng hewan download DPR-RI dusta efek domino eksekusi mati Facebook fenomena alam Fenomena UFO filosofi fitnah yahudi fobia valentine Foto 100 tahun foto Muammar Khadafi foto tua FPI radikal gambar aneh gambar mesum SMA gambar Muammar khadaffi gambaran ikhlas gambaran tawakal game kontroversi Gamers garuda Gema gempa gempa bumi gempa dan tsunami gempa jepang Gerakan Sholat Deddy Gulat hadiah valentine hal penting Hamster Ajaib hari AIDS sedunia hari buruh Hari Kemerdekaan hari tanpa tembakau sedunia hati-hati tsunami hewan aneh hewan buas Hitler Hoax Hosting Gratis hosting unlimited Gratis hubungan hujan salju di timur tengah Hukum Islam hukum mati hukum pancung hukum riba hutang Indonesia idul fitri ilegal imflasi Indonesia Indonesia AIDS indonesian idol Inspiratif introfeksi diri iPhone iPod gratis iraq Islam islam dan perempuan Islam difitnah Islam Jujur Islam Liberal israel istana Jachie Chan Meninggal jangan patah hati jazz Jejaring Sosial jilbab jomblo kadafi kado ulang tahun kajaiban dunia Kapolda Jawa Tengah Kapolsek Temanggung kaum marjinal Keajaiban Alam kebesaran Allah kehidupan kehormatan wanita keluarga bahagia keluarga sakinah kerbau bule kerbau kyai slamet kerbau solo kerudung Kerusuhan Temanggung ketua PSSI keutamaan wanita Kewajiban Muslim KH.Maaruf Amin Khadafi kilat abadi kisa valeneine kisah badak kisah beruang kisah hidup Kisah Inspiratif kisah kuda Kisah Nyata kisah sang raja kisah udang kitab kuno arab klik email dapat uang kluarga sakinah komitmen dan cinta komitmen menikah Koruptor kristen masuk islam kualitas tripod kuda kuda ajaib kuda hebat kue ultah kuntilanak kura-kura laba-laba di telinga Labu Darah lagu kuntilanak lautan hidup lebaran Leluhur Amerika Liberalisasi Libya Mac Bookl Mahluk Aneh makna cinta malam satu suro manstrubasi manusia aneh manusia anjing manusia terkurrus mario bros Mars masalah masalah hidup matahari Materialistis Matinya Muammar Khadaffti mawadah dan warohmah mekah mencegah Aids mencintai dengan tulus mengalah mengejar untung menikmati cinta Menjaring Ikan Mentri Susi Mesir Mhadma Gandhi Microsoft mini tripod mirip anak gadis Mirza Ghulam Ahmad moneter Monster motivasi moto GP Mr.Bean mualaf mudik Muhammad mummy musisi dunia Musuh Islam musyrik Napoleon NASA Nebukanadzer negara khalifah negara khilafah Nelayan nikah dan bukan nikah nini towok nintendo non-muslim non-yahudi Nurdin halid obat patah hati ogre Operasi Plastik ekstrim optimis Orang Amerika orang aneh. orang lucu orang baduy ormas islam OVJ Pahlawan palestina pameran sex Pangandaran Pantai Timur patah hati Patung Budha Paypermail SCAM PBB pelawak API peluru di dunia Pembantai pembid'ahan pembodohan masyarakat Pembohong pemilik matahari penampakan pencucian uang Pendendam Penemu penerbangan penindasan peninggalan china Penisntaan Agama penitipan barang perang dunia Perang Salib peremouan berjilbab perjalanan mudik perjuangan wanita perkawinan perpisahan sex perpisahan SMU pesawat Pesta sex petir abadi Piala Agustus Piala Lomba Piring Terbang Planet planet aneh Pokemon Ponsel pornografi jepang Pramugari pramugari hebat Presiden terkorup pria dan wanita produk lokal pronografi PSK psk tertua PTC terpercaya pura-pura mati radikalisme islam rahasia indonesia rahasia terbongkar Raja Inggris rasanya sakit hati realita Refferal Hosting remaja ciuman review awam review tripod Review Vivanews ribuan dongeng rindu syari'ah riset islam Robot Rontgen Simoncelli rosulullah pedagang jujur rotasi bumi rupiah sains dan teknologi Salading saling memaafkan sar'i schtv segitiga bermuda Sejarah Sejarah Amerika sejarah iraq Sejarah Islam Sekolah Sule seks bebas selamat dari tsunami semangat patah hati Sendal Jepit seniman gila Senjata di dunia senyum pramugari Serangan Jantung sex esex sholat berjama'ah shrek Siapa sule sifat syetan silam dan wanita silam radikal singa Soeharto Soekarno Solomon Steve Jobs suami istri Sule API Sule OVJ syahadat Syarat Muslim Syariah syariah Islam syubhat tahapan cinta tahun baru hijriyah tanggung jawab tanggung jawab istri tanggung jawab suami tanggung jawab wanita tari erotis tata surya Tauhid teddy bear telepon nirkabel tenggelam Teroris tertua testis besar The echolocation Timur tengah tipe wanita di dunia Tips tips mudik tips perkawinan tips pernikahan tips rahasia tips tsunami Tips untuk Pria tonton sebelum beli Trip Tripod 3110 tripod murah tripod termurah Tsunami Tsunami Jepang tugas pramugari tumor Tutorial Blogger tuyul uang uang kertas UFO UFO di Sleman UFO di Yogya UFO mendarat di Sleman ulang tahun ulang tahun pernikahan Ular Laut undang-undang untung merokok Update Muammar Khadafi Valentine valentine day Valentino Rossi Vampir Vegetarian Video hamster Video Lucu video mesum SMA video Muammar Khadafi Video Viral Viking Vlog vokalis nirvana wajah baru VIVA Wajah Baru VIVA.co.id wanita dan jilbab wanita islami wanita muslim wanita pendendam wanita terhormat Wanita Tertinggi wanita tulang rusuk lelaki Wanita. Wasiat Steve Jobs website termahal Westerling WOT yahudi youtuber YUNTFNG XH 228 Ziddu.com zionis